Jurnal Trip Flores (Part 4)

Senin, 23 Februari 2015


Desa Wae Rebo

Jam 12.30 tiba di desa terakhir, desa Denge’ namanya, sang Kaka’ driver juga langsung parkir di depan rumah Wejang Asih, guest home wajib sebelum mendaki menuju Wae Rebo. Oia, sebelum turun bis, saya dan Widya bisik2 lagi, kami terka-terka pasti per orang kena 100rb deh, 4jam perjalanan dengan jalur yang Subhanallah ya. Eh, dimintanya 60rb per orang, Widya langsung bisik, wah, baek nih orang, kita gak ditipu. Sengaja gak tanya tarif dari awal, takut shock aja,hhe. Malah kita ditawarin bakal ditungguin pas bisnya mau balik, jam 03.00 tapi. Diiyain aja karena belum tau juga mau pake apa balik ke Ruteng nanti.
                
Di dalam guest house udah ada 2 cewek, seorang  mahasiswa Jakarta namanya Fidya dan Dewi yang ternyata seorang guide dari Labuan Bajo, dikiranya baru mau mendaki ke Wae Rebo juga supaya ada teman jalan. Ternyata mereka udah dari Wae Rebo n mau balik ke Labuan Bajo. Kami cerita mau langsung pp saja supaya dapat bis jam 03.00 tapi dibilangin sama Mama’ Asih nya sebaiknya jangan jalan malam dan dibilangnya bakal nyesel kalo gak pake nginap di rumah adat sana sama Fidya. Melihat juga sikon, kami juga gak punya headlamp, mending gak usah takabur mau jalan malam lah ya karena perjalanan dari sini ke Wae Rebo 3-4 jam.
               
Kami pun start trekking jam 13.40 setelah shalat dan nitipin barang-barang di Wejang Asih, lumayan bawaan berkurang dan kami juga sudah mencoba kopi asli Wae Rebo. Asli pahit bingit,ampasnya cukup banyak di permukaan kopi dan perlu pake 2 sdm penuh gula baru terasa manis. Dibilangnya sama mama Asih kalau sudah minum kopi Wae Rebo sudah jadi orang Wae Rebo :D. Kami juga skip makan siang,sebelumnya ditawarin sama Mama' Asih buat makan tapi...takut kalau-kalau itu..padahal lagi lapar berat, tadi cuma ngemil biskuit di jalan. Sebelum lets go lets get lost, kami pamitan sama orang-orang di guest house juga sama seorang bule muda Jerman yang nolak salam say good bye kami karena lagi rempong dengan jeruknya yang belepotan di tangannya. Kita ngerti kalau tangannya lagi kotor tapi ada perasaan gimana gitu, ya…sudahlah…

              
 Saking gak siapnya, we will climb with sandals, surprise :o! Saya pakai sandal yang ada tulisan Wolesnya itu lho ala-ala wedges sandal jepit dan Widya dengan Swallow merahnya. Sempurna..gak lama nyeker kita nih. Jalanannya jelas banget bahkan kalau ada percabangan ujung-ujungnya juga bakal ketemu, yang terlihat buntu dan jalurnya sulit malah ternyata adalah jalan pintasnya. Dibilangnya cuma orang yang lagi sial banget yang bakal kesasar deh,hhe.  Di tiap 100m ada papan penanda jaraknya, bikin semangat juga untuk memburu sampai papan akhir, tepatnya desa Wae Rebo yang disebut The Hidden Paradise sama orang kebanyakan, yuhuuu

Jalur yang telah dipagari-jalur curam


Kami beberapa kali singgah istirahat buat minum dan ngemil-ngemil, pas di tempat peristirahatan kedua kami yang sudah dipagari beton-karena jalur yang ini cukup curam-, lewatlah si bule muda tadi, ditawari snack, ditolaknya dan berlalu begitu saja. OK fine, dikiranya si bule Jerman itu sentimen sama perempuan berjilbab, daritadi nolak mulu. Di perjalanan, kami gosipin bule itu, hha, dasar ya. Gak lama kami bisa nyusul bule Jerman ntu, dia terlihat barusan selesai istirahat. Oh, bule ada capeknya juga, sempat istirahat (masih sensi nih ye :P). Sebelum ke desa Wae Rebo, ada semacam pos gitu, bisa ngambil foto yang keren dari situ, nampak ketujuh mbaru niang dari atas, gammara’na ca’! :D

Duluan si bule nangkring di pos itu, dia udah ngeluarin kameranya tapi dilarang sama Widya buat take a pict karena sebelumnya sudah diperingati sama cewe di guest house tadi untuk jangan ambil gambar sebelum diterima secara adat sama penduduk Wae Rebo. Kami pun sempat ngobrol tanya latar belakang sebelum turun ke kampung. Jam 16.50 kami sampai di desa Wae Rebo…Alhamdulillah…Subhanallah… Sampainya di depan semacam pintu selamat datang hanya berupa gapura dengan dua batang bambu. Si Bule inisiatif nyari kayu buat ngetok-ngetok bambu karena kata cewe di guest house tadi sebelum masuk kampungnya, kita ketuk-ketuk bambu pertanda ada tamu. Tapi masalahnya kami gak tau bambu yang mana yang harus diketuk-ketuk. Beberapa kali diketuk bambu gapura ini, gak ada respon bahkan ada penduduk yang cuek aja lihat ada 3 orang kayak orang bego ketuk-ketuk bambu gak jelas, suasana pun cair dengan si bule dan kami saling menertawai kelakuan kami yang gak jelas ini dan ternyata bule ini gak arogan kok, friendly malah. 
                
Desa Wae Rebo, foto diambil dari pos I 

Sampai ada seorang perempuan dan Bapak keluar dari mbaru niang yang paling besar melambai ke kami mengajak ke tempatnya. Kami pun jalan menuju mbaru niang itu. Saya pun heran kan katanya sebelum masuk desanya bakal ada upacara penyambutan gitu. Pasti karena kami salah prosedur jadi disambut apa adanya saja. Seorang perempuan tadi, namanya Pela’ (semoga gak salah, soalnya lupa namanya) menjelaskan harusnya kami mengetuk bambu yang berada di pos di atas, pos tempat kami tadi istirahat, oalah…gak lihat bambunya tapi dimaklumi sama Mba nya. Jam 17.25 kami diajak masuk ke dalam mbaru niang. Bapak yang tadi langsung duduk di tengah rumah di depan dapur tempat ibu-ibu sibuk memasak. Yang ternyata fungsi dapur berada di tengah rumah supaya asap hasil pembakaran kayu itu untuk menguatkan pondasi mbaru niang itu sendiri, asapnya membumbung sampai ke atap (dalam bahasa Wae Rebo, mbaru=rumah, niang=kerucut). Dan kami duduk di tempat tamu yang mengelilingi sebagian mbaru, di sisi belakang mbaru terdapat beberapa bilik atau kamar.


Bapak yang tadi itu pun menyambut kami, namanya Pak Kanisius, 56 tahun. Sebelumnya Pak Kanisius melakukan ritual kecil untuk meminta ijin ke leluhurnya dengan bahasa Wae Rebo. Setelah proses itu, katanya kami sudah bebas bisa ambil gambar atau foto-foto. Lalu Mba Pela’ menyampaikan secara halus nan lembut bahwa kami harus membayar semacam tiket masuk, bayarnya bukan per kepala tapi per rombongan, hampir lu bule bayar sendiri,hha. Kami pun membayar 50rb untuk rombongan trio kami karena katanya minimal 50rb saja, saya dan Widya masing-masing 15rb, si bule 20rb.

Bersambung ke Part 5

3 komentar:

anti landu mengatakan...

trip to floresnya keren semoga kami juga bisa kesana...have a nice day salam anti landu fish 97

anti landu mengatakan...

trip to floresnya keren semoga kami juga bisa kesana...have a nice day salam anti landu fish 97

Hartil Musbali mengatakan...

iye kak....
darimaki sm k'Opi di?
have a nice trip ;)

Posting Komentar