Jurnal Trip Flores (Part 3)

Senin, 23 Februari 2015

Puncak Nangaroro

Jam 09.30 kami masih di terminal, dari situs Bung Karno ke terminal bayar ojek 5rb. Kalau bis kecil atau oto kayu arah ke Nangaroro atau ke daerah atas banyak, masalahnya pada mau muter dulu ke pasar. Jadinya kita sabar tunggu bis abis muter pasar dulu tapi tak lama ada bis yang katanya gak pake muter pasar, kami pun naik. En emang gak pake muter pasar tapi ngetem tunggu bisnya penuh itu lumayan lho, 25menit nih ditunggu. 10 teng cus deh bisnya, ketemu bule cewe Belanda yang cantik, tujuannya mau ke Bajawa mau ke rumah Bena, tujuan kami tidak sama yang mau ke Wae Rebo. Si Widya malah ngebujuk si bule buat bareng soalnya jujur saja kami mau ke Wae Rebo benar-benar buta, modal nekad bin sotoy.

1 jam perjalanan menuju Nangaroro, sama si Rofinus, teman kami itu diminta berhenti di depan Polsek Nangaroro. Ketemu di depan Polsek terus lanjut ke tempat, mereka sebut Puncak Nangaroro, semacam jalan trans dan view dari sini juga keren banget tapi yang bikin saya bertanya kenapa gak sekalian si Rofinus dan Jimmy, teman Rofinus yang mantan guide nunggu kami di Puncak ini saja, lumayan lho naik motor dari Polsek kesini padahal jalurnya dilewati sama bis kami tadi. Ternyata mereka ada urusan tadi di sekitar Polsek. Di Puncak, sambil ngopi dan ngeteh si Jimmy berbagi info dan tips-tips kalau mau ke Wae Rebo. Dulu waktu si Jimmy jadi guide, kira-kira 4 tahun yang lalu hanya dibayar 70rb buat jadi guide keliling Flores. Jaman sekarang, duit segitu bayar guide local, mungkin kata guidenya gaknya pake banget,hhe

13.30 berakhir sesi tanya jawab dan mendengar wejangan-wejangan dari Bang Jimmy yang sangat menekankan untuk menghormati adat orang sana seperti kalau dijamu sirih, kita harus gigit sirihnya, sedikiiiit saja untuk menghormati masyarakat sana, yang penting jangan menolak, bisa-bisa berabe urusan kalau mereka tidak welcome sama kita. Di bayangan saya itu, orangnya primitif dsb (akibat tdk search info sebelum trip nih). Ada bis menuju Ruteng, kali ini bisnya sedikit lebih eksklusif, setelah say good bye sama Rofinus dan Jimmy, kami cus ruteng…perjalanan bakal panjang dengan liukan jalan yang semakin aduhai. Saya memilih tidur padahal pemandangan di luar we o we dan ujung-ujungnya saya jackpot lagi,hwaaa... 1 jam terakhir saya mulai enakan selain jalanan sudah tidak terlalu berliuk-liuk dan tikungan setan juga sudah lewat, saya dan Widya diminta duduk di depan di samping pak kusir eh di samping Bang Sopir. Dikira anak Raja mana gitu yang mau naik ngambil tahta kami di kursi penumpang bagian tengah sampai-sampai kami disuruh lengser ternyata si Bang Sopir minta ditemani di depan, penumpang sebelumnya yang duduk di depan sudah turun.Ini apa maksudnya coba? Padahal tadi tidurku sudah lumayan lho dan duduk di depan gak ada ngobrol-ngobrol juga sama sopirnya. Kesepian nih sopirnya…

Jam 17.55 bis melewati Gerbang Ruteng. Jam 18.08 tiba di pusat kota Ruteng tepat seperti prediksi Bang Jimmy sebelumnya. Kami minta diturunkan di depan Hotel Dahlia. Hotel Dahlia juga rekomendasi dari sang mantan guide karena harganya cukup terjangkau dan ini memang kelas hotel melati. Jam 18.15 tiba di hotel Dahlia, en lagi-lagi kami diminta tambahan, awalnya bayar 150rb buat 2 orang, jadinya 100rb/orang. Dan wow, kami disambut dengan suhu dinginnya Ruteng, kalau di Sulawesi seperti Malino tapi saya merasa di Ruteng lebih dingin, airnya saja bikin menggigil. Bisa buat Ice Bucket Challenge ini, hha. Malamnya, setelah berbenah beres-beres, keluar cari makan dan tentu saja cari Rumah Makan Padang, yang lebih dipercaya, InsyaaAllah…juga belanja buat konsumsi besok ke Wae Rebo, cemilan cepuluh sih. Jalanan disini juga seperti di Ende, dimana-mana perempatan, jalan besar dan sempat buat kami kebingungan jalan pulangnya. Malam ini kami putuskan jadi anak nongkrong Ruteng di kamar saja, suhu dingin bikin malas gerak dan cerdasnya kami, hanya bawa jaket jeans, tidurlah kami dengan menggigil.

Pulau Mules dari kejauhan

Sabtu, 6 September jam 08.00 kami check out.Pas check out, ada Bapak yang laporan mau lanjut sewa kamarnya soalnya mau ke Iteng dulu. Keluar hotel, kubisikin Widya ntu Bapak yg sekarang lagi beberes mobilnya mau ke Iteng, niat sebenarnya mau nebeng tapi tengsin dan cek per cek pake kucek2 mata karena matahari pagi bersinar benderang en bikin silau, barang bawaan Bapak dan rombongannya banyak bingit mana anggota rombongannya mungkin 4 orang dan berbodi gede. Tengsinnya udah naik level, kami langsung meninggalkan halaman hotel itu dan ke pinggir jalan searching for ojek dan sebelumnya ke warung dulu beli air minum merk Ruteng, no other choice..just available merk Ruteng :D

Jam 08.08 naik ojek, bayar 10rb dengan lama perjalanan 8 menit sampai ke terminal. Di terminal, kami cari angkutan, kata bang Jimmy sih cari oto kayu ke Iteng, dari Iteng ke Wae Rebo. Tapi ditanyai sama kenek-kenek terminal, kami bilang mau ke Wae Rebo,gak nyebut-nyebut Iteng.. eh alhamdulillah ada juga bis kecil yang langsung ke Wae Rebo. Jam 08.20 start naik bis, di perjalanan bikin takjub juga, di jalanan sempit ini ada juga kendaraan yang beroperasi, melewati beberapa kampung, dari melihat barisan gunung-gunung sampai melihat laut, meeen, dahsyat kan..keren lagi lautnya tapi udah terpatri di otak kami, ada gerakan tambahan bisa kena extra charge jadi kalem menikmati pemandangan. Saya juga kebanyakan tidur, sudah minum antimo soalnya, takut jackpot lagi saya, karena di dalam bis serasa diobok-obok.

Dalam perjalanan, sang driver ngambil penumpang dengan kayu bakarnya yang seabrek sampai ada yang diikat di atas bis dan pas di tengah perjalanan, angkutan kayu di atas jatuh, stop dlu ngumpulin kayunya. Lanjuut.. bis berhenti di perkampungan muslim, supirnya singgah beli ikan asin, di belakang kampung itu membentang laut luas dan di seberang sana ada pulau keren banget, Pulau Mules namanya. Karena melihat kami girang, drivernya bilang turun aja ambil gambar. Langsung cus turun foto-foto. Bapak warga kampung ini ada yang nyapa kami nanya mau ke mana, taunya kami mau ke Wae Rebo, dibilangnya “Wah, mendaki, bisa mbak?” dijawab sekenanya “Iya, InsyaaAllah, Pak”. Wah, pada underustimed nih sama kami atau memang ke Wae Rebonya yang ekstrim. Jadi gak sabar, nih..penasaran. Dan satu per satu penumpang lainnya turun, serasa ini bis memang khusus mengantar kami.