Jurnal Trip Flores (Part 1)

Sabtu, 14 Februari 2015

Menyambangi Eksotisme Gunung Kalimutu

TRIP saya ini sudah lampau tepatnya 3 – 9 September 2015 lalu tapi baru mau diposting sekarang (kemana saja saya selama ini?!? :D). Untuk penulisannya sudah rampung gak lewat dari bulan September kemarin tapi lagi-lagi kemana saja saya selama ini?!? :P. Niat memposting juga sebagai tempat penyimpanan tulisan, kebiasaan saya selalu khilaf hapus data, terlalu kelincahan shift+alt+delete tanpa liat jelas data apa yang akan dihapus seperti baru-baru ini, niatnya cuma hapus 1 album lagu malah 1 folder All Songs yang terhapus (hasil donlotanku…hiks). Alasan baru memposting yaaa karena kudet, gaptek, sok sibuk dan memang gak pernah nge-café buat wifi-an, selama ini cuma pakai paket data internet android yang buat browsing aja cukup lemot,gan…yang penting murah, :P. (PS: info yang terkandung dalam tulisan ini sudah diyakini tidak update, bisa-bisa tidak valid dengan keadaan sekarang, ah..yang penting posting baru di blog saya yang sudah penuh jaring laba-laba, hhe). Okkeh kembali ke laptop, this my trip my adventure :D cekidot…

Sore itu juga pengajuan cutiku diapprove sama bos, dengan hari sebelumnya baru beli tiket berangkat di agen tiket pelni terdekat, di pinggir sungai Pangkep, beda 20rb dari harga tiket di web.

Pulang kantor, balik ke rumah dulu ambil tas terus bareng Ayu ke Makassar, lebih tepatnya nebeng sampai di Daya. Jam 7 malam baru start ke Maros, mau nongkrrong dulu disana sebentar terus start ke rumahnya Widya di Daya jam 21.30. Nunggu Widya habiskan satenya dulu trus cuss ke pelabuhan jam 22.30 by pete-pete to MTC, singgah di Indomaret beli cemilan cepuluh trus naik taxi, kena 15rb daripada jalan kaki yess, lumayan tuh jauhnya dari MTC ke pelabuhan dengan ransel gemuk. Tiba di pelabuhan jam 23.30, disana menunggu dulu di ruang tunggu, jam 01.30 kapal sudah merapat. Nunggu penumpang turun dan ngantri masuk kapal, jam 02.00 saya dan Widya sudah di dalam kapal. Dan ternyata jadwal berangkat kapal jam 03.00 tapi kenyataannya jam 05.00 baru jalan, itu juga taunya paginya dari penumpang yang lain.

Olraik, dimulailah kehidupan kelas ekonomi kami di kapal Umsini, ini pengalaman pertama ane naik kapal laut, kalau Widya katanya sudah tapi waktunya dianya masih bocah n bukan kelas ekonomi bareng Bapaknya dulu. Yess, btw ,intinya pengalaman pertama kami di usia dewasa kami,hhe. Dan kami dapat kamar di dek 2, dan kami hanya bisa melongo, mau ngapain, gak ada alasnya, ada penjual sarung lewat, harganya 50rb/lembar, alamak.. gak jadi deh trus bapak penjualnya saranin beli tikar aja. Lewatlah si penjual tikarnya, harga per lembarnya 10rb, ditawar 15rb untuk 2 lembar, langsung mau si Bapaknya, ya iyalah pasti ini harganya lebih murah, mana ni tikar bekas orang lain n exactly kagak dicuci2. Okeh, yang penting ada alas, dan setelah itu banyak penumpang yang singgah ke gubuk kami, ada keluarga kecil, Bapak Ibu dan satu anaknya hendak sekamar dengan kami, tapi tidak lama si Ibu ngomel2 tempatnya panas jadinya mereke get out dengan barang bawaan yang seabrek, kita sih kasihan sama Bapaknya yang bawa barang2nya kesana kemari.

Terus ada juga 3 orang anak muda gak tau orang mana, ala2 papua gitu deh, merokok dan ribut juga, lihat2 gubuk kami dari luar, saya berdoa semoga mereka mengurungkan niat mereka buat gabung di tempat kami. Okkeh, mereka ngoceh2 gak jelas dan pergi, fiuuh… Nah, ini teman kamar kami yang sesungguhnya, ada 1 keluarga, 2 Ibu , 1 gadis dan 1 pemuda tapi si pemudanya lincah jadi tidurnya bisa dimana aja. Trus datang lagi 1 gadis dan sepupu lelakinya yang saking gak dapat tempatnya katanya mau bayar, yaelah g usah bayar2, selagi masih ada tempat yang lowong, sok atuh. Jadilah kami bertujuh dalam salah satu kamar di sudut dek 2 ini.

Gerbang Welcome To Kelimutu National Park

Resiko ngambil tiket ekonomi ya fasilitas umumnya harap maklum seperti Kamar Mandinya, saya ngerasa rakyat jelata banget, jorok, bau pesing, de el el. Dan sepertinya bagus buat kami-saya dan Widya- untuk puasa deh soalnya  gak ada yang mau ambil jatah makan siang & makan malam, gak selera dan terlebih Widya, doi gak mau makan supaya gak BAB, malas banget nyetor di WC nya, pipis aja dia jarang. Jadinya cuma ngemil mana si teman kamar yang 2 ibu n 1 gadis ini banyak cemilannya, kitanya berbagi, malamnya si tante yang satu baik banget kasi kita Pop Mienya-makan juga,hhe-. Dasar pengalaman pertama, gak ada preparenya, udah tau di kapal bakal 1 hari 1 malam, yang dibawa cuma makanan ringan. Ga seperti teman kamar kami, mereka udah sering naik kapal, udah bawa buras, telur rebus, termos dkk nya dan memang perjalanan mereka lebih panjang dari kami, tujuan mereka ke Kupang. Harusnya emang gitu karena harga barang2 di kapal bakal lebih mahal 2x lipat dari harga normal,cing.

Yuhuu…, jam 24.00 kapal merapat di Maumere, setelah berterima kasih n say good bye sama teman kamar kami yang udah baik banget sama kami, saya dan Widya turun kapal berdesak2an sama penumpang lain, banyak yang ngomel2, disuruh sabar supaya antrian gak macet. Dan pas lagi ngantri turun ini, kita ngobrol sama Bapak yang tujuannya melewati tujuan awal kami,di Ende, Bapaknya mau ke Bajawa, kami mau gabung 1 mobil dengan rombongannya si Bapak. Karena salah satu dari rombongan Bapak ini belum turun dari kapal jadinya kita menunggu beliau di pelabuhan, gilak ada hampir sejam ditungguin… Saya sama Widya juga was-was soalnya semua rombongannya laki-laki semua. Di tengah kewas-wasan itu, kami sambil bisik-bisik diskusi bagusnya gimana, eh ada junior kampus kami lewat. Langsung dipanggil dan kaminya langsung curhat, kata si Ismail, hati-hati sama orang sini dan Ismail nawarin nginap dulu di rumahnya, besok paginya baru start lagi. Dan kami pun menghadap ke Bapak tadi, melapor kami tidak jadi ikut dengan rombongan mereka dengan alasan sudah ketemu sama teman.

Bagus juga tawaran Ismail buat nginap dulu di rumahnya, tapi sebenarnya kami mau buru dapat subuh di Danau Kelimutu, mau lihat sunrise disana. Oia, si Ismail, aslinya bukan orang Maumere, keluarganya juga pendatang, mereka tinggal di perkampungan muslim di Maumere. Nah, setelah menimbang-nimbang, kami putuskan untuk langsung jalan saja buat hemat waktu juga. Untung ada sepupunya Ismail yang kenal sama polisi pelabuhan sini, dibantulah cari mobil yang bisa dipercaya bawa kami ke tempat tujuan kami. Jam 02.00 subuh start naik travel (mobil carteran) setelah deal dengan drivernya 250rb/org diantar sampai ke Ende tapi sebelumnya singgah di Danau Kelimutu n ditungguin pastinya. Sebelumnya dapat driver yang nawarin 300rb/org dan udah gak mau turun, sebenarnya mau nawar 100rb/org tapi ntar kita digetok lagi kepalanya, soalnya ada info dari teman kami yang pernah kerja disini, dia dapat mobil harganya segitu sampai ke Ende.

Eh belum jauh keluar dari gerbang pelabuhan, ban mobil kempes. Ada 30 menitan nungguin ganti bannya. Jam 03.40 singgah di pinggir jalan, si driver capek dan mau tidur dulu, langsung ngorok dia mana pakai acara gak bilang-bilang jadinya awalnya kita bingung kenapa berhenti. Jam 05.40 lanjut lagi dan gak lama setelah mobil jalan pas di belokan liuk-liuk, barang di atas mobil jatuh, meeen… yaahh, packing ulang lagee, ada 30 menit sampai beres n lanjut jalan lagi jam 06.10.

Kain Tenun Khas Flores

Jam 08.00 sampai di kaki gunung Kelimutu, sebelumnya singgah beli tiket di pos sebelumnya. Dari pos pembelian tiket sampai ke kaki gunungnya lumayan jauh dan terlihat beberapa bule jalan kaki, ebuset dasar bule. Dari kaki gunung sudah ada jalan setapak sampai ada papan penunjuk arah ke Danau Kelimutunya. Di perjalanan banyak ketemu sama monyet-monyet-yah hati-hati saja sama tasnya sama barang bawaan, bisa dicopet kita-. Sama ada yang paling lucu, ada yang sambil gendong anaknya di depan perutnya like a kangaroo. Hmm, dari awal jalan sampai ke Triangulasi dan take some pictures ada ngambil waktu sejam an lah. Tapi sumpah pemandangan di sini kereeennn banget. So Amazing! Di triangulasinya malah ada yang dagang, ckckc, jauh amat jualannya, hhe.